Selasa, 05 Oktober 2010

Menciptakan Rutinitas Tidur yang Baik

Settling your baby
Settling your baby

Petunjuk untuk Mendorong Bayi Tidur Nyenyak

Membuat bayi baru lahir untuk tidur merupakan suatu proses eliminasi. Artinya, ini adalah proses eliminasi sebagian besar faktor yang menghambat bayi untuk tidur, sehingga Anda bisa memperoleh rasa percaya diri saat menghadapi perilaku normal bayi ketika ia berusaha untuk tenang. Bayi baru lahir membutuhkan 30 sampai 60 menit untuk mencapai tidur yang nyenyak dan perlu Anda ketahui bahwa bahkan setelah Anda menghilangkan semua faktor pengganggu, perilaku dan rasa tidak tenang yand dialami bayi merupakan hal yang wajar.

Proses eliminasi berlangsung sebagai berikut:

  • Perhatikan agar bayi cukup makan. Dari pagi hingga siang, gunakan maksimal satu jam untuk mendorong bayi Anda makan. Bangunkan bayi bila ia mengantuk dan susui dengan istirahat 5 – 10 menit bila perlu. Upayakan bayi menyusu yang lama hingga kenyang jadi Anda yakin ia tidak lapar. Jika bayi tertidur setelah menyusu hanya sebentar kemudian Anda baringkan di ranjang dan menemukan bahwa dia belum tenang atau bangun terlalu cepat, Anda akan mengira bahwa ia lapar. Akhirnya menyusui bayi di sana-sini menjadi kebiasaan.
  • Periksa dan/atau ganti popoknya sebelum menidurkannya. Pastikan ia tidak basah atau kotor. Bentuk kebiasaan dan jangan merasa takut membaringkan bayi saat ia terjaga. Bayi yang berhasil tidur sendiri dari keadaan sadar tapi rileks akan tidur lebih baik.
  • Bedonglah bayi dengan baik dan jauhkan tangannya dari wajah. Kondisi ini membantu menghilangkan rasa tidak aman bayi dan menenangkannya. Bayi baru lahir belum mampu mengontrol gerakannya, karenanya bila tidak dibedong, ia akan terus terjaga karena tangannya bergerak-gerak di sekitar wajahnya.
  • Gendong bayi secara tegak di pundak Anda untuk beberapa menit. Posisi ini membantunya rileks dan mengeluarkan angin yang ada, sekaligus memberi rasa aman yang dibutuhkan untuk ketenangan. Bayi akan merasa tenang saat Anda membaringkannya.
  • Tidurkan di ranjang dengan baik. Bayi baru lahir senang merasa aman. Semakin sedikit mereka menggeliat, semakin cepat bisa tenang. Baringkan si kecil dalam kondisi dibedong dan selimuti dengan selembar kain yang diselipkan di kedua sisi tempat tidur. Pastikan bagian atas selimut jauh dari wajahnya agar udara dapat mengalir bebas.
  • Pasang musik di kamar bayi dari CD atau radio. Pastikan agar musik mengalun selama bayi tidur. Musik atau suara membantu menenangkan bayi. Suara yang terus terdengar di kamar membantu bayi mengabaikan rangsangan lain dan menghilangkan rasa kesepian dan tidak berdaya.
  • Tinggalkan bayi agar menjadi tenang sendiri. Bila tidak berhasil dan ia menangis, kembalilah dan hilangkan faktor-faktor pengganggu yang Anda pikir menjadi penyebab rasa tidak tenangnya. Anda bisa mengangkat dan memeluknya. Tindakan ini memberi kesempatan bayi mengeluarkan angin yang tersisa dan memberi keyakinan agar ia tenang. Setelah beberapa menit dan bayi tenang, baringkan dan coba lagi.
  • Jika bayi masih gelisah, kembali padanya dan coba menepuk atau mengayunnya.
  • Dengan bertambahnya usia, bayi akan terbiasa dengan waktu tidurnya karena Anda menerapkan teknik-teknik yang sama secara konsisten. Dengan meningkatnya kematangan bayi, ia mulai mampu menenangkan dirinya tanpa terlalu banyak didampingi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar