Selasa, 05 Oktober 2010

Membangun Ikatan dengan Bayi Baru Lahir Anda

Menjalin hubungan dengan bayi baru anda
http://www.huggies.co.id

Di minggu-minggu pertama, bayi Anda yang baru lahir tampak seperti tidak melakukan banyak hal kecuali tidur dan makan. Tapi jangan salah; banyak yang sedang terjadi!

1. Membangun Ikatan untuk Pemula

Satu hal yang perlu diingat, bayi Anda mengandalkan Anda ketika dia membutuhkan kenyamanan. Menciptakan rasa aman dan percaya ini adalah hadiah yang paling indah yang dapat diberikan orang tua pada bayi baru mereka.

2. Tidur, membangun Ikatan, Tidur, Membangun Ikatan

Semua bayi baru tidur untuk waktu yang lama, bisa mencapai 12 sampai 16 jam sehari, dan mereka biasanya tidur selama dua sampai lima jam. Bahkan ketika bayi sedang terjaga, mata mereka mungkin tertutup, dan tiap terjaga, mereka hanya dapat benar-benar terjaga selama enam sampai sepuluh menit saja. Manfaatkan saat-saat dia terjaga untuk memperkuat ikatan antara Anda dan bayi Anda dengan memeluknya, atau menyanyi atau melakukan percakapan searah.

3. Apa yang dilihatnya

Apa yang dilihat bayi yang baru lahir? Tidak banyak, karena mereka hanya dapat melihat dekat dan paling baik bila melihat benda-benda sejauh 20 sampai 30 cm di depan mereka – cukup untuk melihat wajah ibunya saat dia sedang menggendongnya. Penglihatan periferal belum berkembang, dan daerah pandang bayi hanyalah sekitar sepertiga dari daerah pandang orang dewasa. Biarpun begitu, bayi senang melihat pola-pola dan warna-warna cerah. Warna merah cerah tampaknya yang paling menarik bagi para bayi, dan merah mengkilat merupakan warna yang paling baik dalam hal ini. Sebaliknya, warna-warna pastel tampak kabur bagi seorang bayi – sebuah alasan yang baik untuk membuat kamar bayi sebagai kamar yang paling penuh warna di rumah Anda.

Di tempat tidurnya, bayi Anda pada awalnya hanya akan menghadap ke satu sisi. Oleh karena itu, gantunglah mainan berputar warna-warni di sisi tempat tidur yang berada di dalam garis pandang bayi.

Walaupun seorang profesional mungkin saja mengetahui banyak hal mengenai bayi secara umum. Ketika Anda melihat, memegang, menyusui, mengeluarkan sendawa dan mencintai bayi Anda dari hari ke hari, Anda menjadi yang paling ahli mengenai bayi Anda khususnya. Hanya dengan pengamatan yang lekat dan sedikit eksperimen Anda akan mengetahui berapa banyak tidur, stimulasi dan kegiatan yang dibutuhkan dan diinginkan oleh bayi baru lahir Anda.

4. Bersiap-siap Untuk Menghadapi Lebih Banyak Lagi

Bayi baru lahir juga sensitif terhadap stimulasi dari dalam. Anda mungkin melihat bayi Anda menangis, mengerinyit dan tampak seperti sedang tersenyum. Yang sebenarnya terjadi ialah bahwa sistem internal bayi Anda sedang sibuk bekerja.

Tentu saja, bila Anda merasa ragu-ragu mengenai perawatan bayi yang tepat, berkonsultasilah dengan dokter Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar